Tentang Penulis

Indonesia-saram berarti ‘orang Indonesia’. Dengan kata lain, situs ini dikelola dan ditulis oleh orang Indonesia yang mencintai bahasa dan sastra Indonesia.

Pendidikan
Pernah mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Sumatera Utara, Fakultas Sastra, Departemen Sastra Indonesia. Kecintaan terhadap bahasa Indonesia mulai muncul ketika memasuki semester kelima. Saya merasa diberkati karena sejumlah karya tulis, baik ilmiah, maupun populer, sudah dipublikasikan lewat jurnal maupun media massa lainnya.

Pekerjaan Saat Ini
Pernah melayani sebagai editor pemula di Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), melanjutkan karier sebagai editor pada BPK Gunung Mulia, dan kini belajar jurnalisme olahraga pada majalah Golf Asia Indonesia. Sesekali menulis di blog ini, sesekali menulis di blog lain; sesekali menulis juga di media cetak.

Penggemar Musik
Selain gemar utak-atik masalah bahasa Indonesia, saya juga gemar bermain musik. Sempat bercita-cita menjadi orang tenar lewat grup musik bikinan sendiri. Setelah merantau, kegiatan yang kini beralih dari cita-cita menjadi hobi ini sudah sulit dilakukan. Meski demikian, saya masih menulis lagu sampai saat ini.

Rock 'n roll after office hour

Meski impian tersebut tidak (atau belum) tercapai, setidaknya musik tidak bisa dipisahkan. Selain penggemar musik berkategori oldies, musik-musik yang dikenal sebagai J-pop dan J-rock juga digemari. Selain menggemari musik-musik  Kiroro, sekarang saya juga menjadi penggemar Garnet Crow, Glay, dan The Yellow Monkey.

Kiroro

Game dan Komik
Bermain game dan membaca serta mengoleksi komik merupakan kegemaran saya lainnya. Saya masih terus penasaran dengan seri FIFA dari EA Sports, yang saya harap suatu saat menyertakan J-League. Tapi kini pun saya juga harus pensiun dari bermain game. Namun, Naruto karya Masashi Kishimoto dan One Piece karya Eiichiro Oda masih terus diikuti dengan setia. Ini dua komik yang sangat fantastis. Anda harus baca!

Penggemar Film Asia Timur
Pesona Asia Timur memikat saja, terutama sejak menonton My Sassy Girl pada 14 Februari 2004 yang lampau, berbagai film Korea pun mulai disantap. Mulai dari Shiri yang dibintangi Choi Min-sik dan Han Suk-kyu, sampai Taegukgi yang dibintangi Won Bin, Jang Dong-gun, dan Lee Eun-ju (alm.). Jeon Ji-hyeon menjadi aktris favorit, bersama dengan Son Ye-jin dan (alm.) Lee Eun-ju.

Sebelumnya, saya juga menikmati karya-karya klasik Akira Kurosawa, mulai dari Ran, Sanjuro, The Hidden Fortress, Dreams, maupun Madadayo. Kini selain masih menikmati film-film Jepang, saya juga menggemari film-film yang dibintangi oleh Jackie Chan dan Donni Yen. Tentu saja secara selektif saya juga menyaksikan film-film Hollywood. Film klasik seperti The Wizard of Oz merupakan salah satu yang sangat mengasyikkan untuk ditonton berkali-kali.

Untuk mendokumentasikan film-film menarik yang pernah saya saksiksan, blog Yeonghwa Aein, bisa Anda kunjungi.

 

%d bloggers like this: