Masukan

Anda memiliki masukan untuk pengembangan situs blog ini? Selain berkomentar langsung di bawah masing-masing tulisan, Anda dapat manfaatkan halaman di bawah ini, di antaranya mengajukan permohonan pembahasan salah satu bidang, atau sekadar mengajukan pertanyaan seputar kebahasaan. Selain berusaha menjawabnya, saya juga membuka kesempatan untuk para pengunjung lain turut merespons pertanyaan pengunjung lainnya. Masukan Anda sangat saya hargai.

Salam

35 Responses to “Masukan”

  1. yoto November 18, 2007 at 1:06 pm #

    Hmm…masukan apa ya? Saya rasa tulisan-tulisan di blog ini sudah cukup bagus. Mungkin karena kurang publikasi saja.

    Oh iya, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Anda karena, dari blog Anda di indonesiasaram.wordpress.com, saya bisa mengenal blogosphere dan menjadi salah satu bagian dunia tersebut.

    Majulah terus Raka. Tuhan memberkati.

  2. indonesiasaram November 20, 2007 at 4:45 pm #

    Terima kasih telah memberi semangat. Dorongan itu sangat berharga buat saya. Yah, kita sama-sama bagian dari masyarakat blog Indonesia. Saya juga masih terus belajar untuk memahami perilaku di dunia yang berbeda ini. Mari terus belajar dan berkembang.

  3. pitpot November 24, 2007 at 2:52 am #

    Mas Indo, wah anda suatu saat bisa menggantikan Yus Badudu (yang masih saya ingat sampai sekarang nama orangnya tapi bukan pelajarannya :)) Lalu bagaimana dengan orang disekitar anda, apa tidak risih karena teman atau anggota keluarga yang satu ini, hati-hati deh kalau ngomong, salah tata bahasa, bisa-bisa habis deh dikuliti ha..ha..ha.. cuman bercanda yach.

    Tetapi belajar tentang bahasa sih kagak ada habisnya. Apalagi kalau bahasa Indo dengan (bukan dibandingkan tetapi belajar dari) bahasa Inggris. Kayaknya bahasa Indo belum ada standar (kayak bahasa Inggris dengan grammar-nya) umum yang lebih ketat untuk diajarkan di sekolah-sekolah misalnya. Karena Amrik sendiri kan belajar bahasa dari sekolah yang dipraktekkan pada keseharian. Sedangkan bahasa Indo (menurut pengalaman) masih kurang diperhatikan. Jadi akibatnya kayaknya nggak ada standar umum bahkan bisa dikatakan ‘amburadul’ alias semau kita yang ngomong atau yang menulis.

    Tapi hal ini bisa timbul sebagai ide untuk bisnis pengkoreksian bahasa Indo yang benar (bidang jasa) untuk perusahaan-perusahaan besar misalnya. Kalau menulis surat kan belum tentu menurut tata bahasa Indo yang benar. Yah…. tapi ini khayalan saya deh, semoga mas Indo kagak geram sama komentar saya yang panjang banget ini. (habis gratis sih :))

    Sedikit koreksi, pengetikkannya ada yang kurang lengkap, saya lupa dimana, coba mas Indo lihat-lihat lagi blog-nya ini. Entah apa mungkin itu disengaja atau memang ada kesalahan mengetik (tapi kalau kesalahan mengetik rasanya perlu dibetulkan, nanti pas ada pembaca kritis berkata wah katanya blog tentang bahasa tetapi isi tulisan pengetikkannya salah-salah. Atau dicantumkan begini: kesalahan mengetik bukan tanggung jawab penulis tetapi silahkan email ke wordpress untuk komplain. Ha..ha..ha… sekali lagi bercanda. Tetap semangat untuk berkarya. Merdeka! (atau menulis)

  4. indonesiasaram November 24, 2007 at 3:51 am #

    Wah, terima kasih banyak untuk masukannya, Pak. Sangat, sangat berharga sekali. (Yeah, benar, mumpung gratis, monggo berkomentar di sini.)

    “Lalu bagaimana dengan orang disekitar anda, apa tidak risih karena teman atau anggota keluarga yang satu ini, hati-hati deh kalau ngomong, salah tata bahasa, bisa-bisa habis deh dikuliti ha..ha..ha.. cuman bercanda yach.”

    Ha, ha, ha, …. Ini memang sudah suratan. Beberapa teman juga suka guyon seperti itu, entah itu waktu berdoa, entah itu waktu santai.

    Mengenai kesalahan dalam pengetikan, saya akan periksa keseluruhannya dan mencoba memperbaikinya. Tampaknya beberapa juga bermasalah dalam pemformatan. Terima kasih telah mengingatkan saya. Saya coba luangkan waktu nanti.

    Sekali lagi terima kasih, Pak.

  5. nancy November 30, 2007 at 1:10 pm #

    Hai..hai Raka thank you ya karena udah visit ke blog saya. Setelah lihat blog kamu, rasanya saya mesti belajar banyak dari kamu nih…
    Saat ini saya pake mandigo theme, dulunya pernah gonta ganti template tapi kecantol sama yang satu ini. Selain fleksible, lengkap, cukup mudah untuk pemula seperti saya.
    Oya, satu lagi, kamu belajar bahasa korea dimana? Kalau kepengen lanjutin studi ke LN, why not take a first step dengan kirim lamaran kemana-mana. That’s what I did many years before.
    Rasanya kita punya banyak ‘in common’, I like writing (amatiran) too. Keep in touch ya.
    I will blogroll-ing your site.

  6. indonesiasaram November 30, 2007 at 3:38 pm #

    Sama-sama, Mbak. Saya juga senang mendapat kunjungan langsung seperti ini.

    Saya memang tidak secara konstan mengganti theme. Belum tahu kapan hendak mengganti Sadish ini. Dan bicara tentang theme saya suka yang Mbak Nancy pakai. Satu lagi, pengategorian tulisannya kok terkesan lebih rapi ketimbang punya saya, ya?

    Nah, saya juga sudah menempakan blog Mbak Nancy di Blogroll saya. Semoga saya bisa menyempatkan waktu berkunjung secara rutin ke sana.

  7. abduhradar December 12, 2007 at 12:08 pm #

    bagus isi blognya lho

  8. Rio Setiawan Migang December 12, 2007 at 1:47 pm #

    Halo Raka apa kabar?

    Wah, sudah lama gak ke MRII Diamond ya?
    Blogmu rapi dan bagus, begitu pula isi tulisannya bagus dan berbobot, khas semangat reformed.

  9. indonesiasaram December 13, 2007 at 8:22 am #

    bagus isi blognya lho

    Terima kasih, Sdr. Abduhradar. Semoga isi blog ini bisa menambah wawasan Anda dan para pengunjung lainnya.

    Wah, sudah lama gak ke MRII Diamond ya?
    Blogmu rapi dan bagus, begitu pula isi tulisannya bagus dan berbobot, khas semangat reformed.

    Terima kasih sudah mampir lagi. Iya, belakangan ini saya memang sangat jarang ke Yogya. Mungkin tidak ada kesempatan lagi untuk tahun ini. Oya, blogmu jarang sekali diperbarui (update). Kutunggu, lho.

  10. hamlennon December 13, 2007 at 10:09 pm #

    Salam kenal Mas Raka! Saya dari beatlejogja community, sebuah wadah pecinta The Beatles di Yogyakarta. Kami sangat tertarik dengan artikel2 anda di web SABDA.org tentang The Beatles. Topik2 The Beatles yang anda sangat menarik. Maka dari itu, kami meminta ijin kepada Mas Raka untuk memuat artikel2nya di web http://www.beatlejogja.com. Trims!

    CP: 08132803xxxx

  11. pitpot January 5, 2008 at 9:54 am #

    Met Natal Mas Indo. Baru sadar mas Indo kayaknya suka filem Korea. Saya suka masakan korea, orang Korea, filem Korea juga. Terima Kasih juga sudah menempatkan blog saya di blog mas Indo. Hidup bahasa !🙂 (biar semangat)

  12. lindo March 4, 2008 at 8:19 pm #

    Jika kita berbicara mengenai isi blog ini sebenarnya bagus, apalagi bagi para mahasiswa yang sastra (khususnya sastra Indonesia) tapi blog bagus tidak harus dari segi isi aja, tampilan juga harus mendukung. Tampilan dalam blog ini terkesan elegan (mirip bang RAKA waktu masih kuliah di FS-USU) tapi abang harus bisa berekspresi lebih. Abang mungkin suka yang elegan, apakah orang lain juga suka?????bukankah tujun kita ngeblog selain sebagai tempat berkreatifitas juga agar bisa dinikmati oleh orang banyak!contohnya aku, terus terang bang aku boring lihat tampilan kyak gini!Saran aku coba deh explore lebih jauh tentang cara pembuataan themes di blog. Kalau mw coba bisa gunain XML-Editor (cari ja di google grtis kok!)OK! SALAM-PEACE_GBU!

  13. indonesiasaram March 9, 2008 at 7:55 am #

    Ada kendala tersendiri ketika kita menggunakan fasilitas gratis, yaitu keterbatasan dalam melakukan modifikasi. WordPress tidak memperkenankan para pengguna layanan gratisnya untuk mengutak-atik, meskipun itu sekadar CMS-nya. Paling jauh, kita hanya bisa mengedit gambar pada header. Lagipula sejak pertama kali menggunakan WordPress, saya sudah mengganti theme sampai empat kali dengan yang sekarang. Meski memang terbatas, ada fitur lain yang membuat saya tetap memilih WordPress daripada layanan lain. Beberapa di antaranya saya bisa mengetahui statistik pengunjung blog saya mulai pertama meluncurkan blog ini, termasuk laporan langsung ke kotak surat elektronik setiap kali ada komentar yang masuk.

  14. imankristen April 7, 2008 at 10:37 pm #

    Salam Kenal,
    Senang ketemu bloger kristen.

  15. indonesiasaram April 15, 2008 at 6:44 pm #

    Terima kasih telah berkunjung, Sdr. imankristen. Semoga blog saya yang sederhana ini bisa membantu Saudara dan para pengunjung lain untuk menelusuri seluk-beluk bahasa Indonesia.

  16. eka April 24, 2008 at 10:25 am #

    Hai Bang Raka, apa kabar? Tidak sengaja waktu aku utak-atik, cari-cari data tentang bahasa, aku menemukan blogmu ini. Blog mu bagus. Isinya juga bagus.

    Masih seperti dulu -waktu kuliah- kamu tetap suka corat-coret bahasa. Tapi tidak sangka juga, kamu tetap setia dengan minat itu.

    Aku sih bukannya jadi ingat sama JS Badudu, tapi dengan Bapak Mulyadi, M.Hum. He… he… (Just kidding).

    Sukses yah…

    O ya, tentang One Piece, aku setuju. One Piece memang seru… Naruto juga seru, sayang sudah terlalu banyak yang suka.

    Salam
    Eka (Sasindo 02, bukan 01)

  17. indonesiasaram April 24, 2008 at 7:35 pm #

    Selamat datang dan terima kasih telah bersedia menorehkan sesuatu di sini. Rasanya inilah yang bisa saya lakukan sembari terus belajar. Semoga saja blog ini memberi manfaat.

    Omong-omong, Pak Mulyadi segera menjadi doktor, lho.

  18. Eli Setya July 9, 2008 at 10:47 pm #

    Salam Sejahtera,
    blog nya ok juga mas indo.
    oh ya ada salam dari:mini,muti,kecil.
    GBU

  19. rio July 14, 2008 at 11:48 am #

    halo bung Raka,

    Tulisan-tulisan Anda luar biasa, dalam dunia pragmatis praktis saat ini sangat jarang ditemukan penulis yang kritis dan berpikir mendalam. Maju terus dan “be the best”.

  20. ardansirodjuddin August 6, 2008 at 7:58 pm #

    Tulisan anda keren abis, silahkan mampir ke blog saya di http://www.ardansirodjuddin.wordpress.com. Terima kasih

  21. vhani September 5, 2008 at 12:19 pm #

    saya ingin tau bahasa lainnya dari tanda baca itu apa????

    terimakasih…

    ^-^

  22. sonny November 11, 2008 at 9:16 am #

    Blok-a Asik, keren & clasik gitu…………..
    gua salut dech……….!!!!!!!!!!!!!

  23. febri February 16, 2009 at 4:15 pm #

    Maju terus pemuda Sumatera…….

  24. febri meldia February 16, 2009 at 4:23 pm #

    salam kenal yach..
    bloknya bagus juga n isinya pun lumayan berbobot. saya mahasiswa fak. sastra Unand_Padang n kebetulan juga bergumul dengan dunia sastra Indonesia… Sekarang ini saya sedang mendalami dunia Sosiolinguistik dan segala macam yang berhubungan serta berbau bahasa dan Masyarakat Pemakai bahasa termasuk juga di dalamnya campur kode dan alih kode.. kalau anda punya waktu, saya ingin berbincang-bincang lebih banyak seputar dunia Sosiolinguistik Indonesia…. Semangat dan terus berjaya…. maju terus pemuda Sumatera….

  25. pitpot May 4, 2009 at 11:26 pm #

    Raka, masih ber-beatles ria? Makin mantap donk gitarnya. Baru melahap beberapa seri Korean, keinget Raka. Kapan ke Korea? Fenomenal yach. Tetap menulis buat Tuhan. Semangat!!!

    • indonesiasaram June 19, 2009 at 1:23 pm #

      Sayangnya sudah tidak, Pak. Sekarang saya condong ke Negeri Matahari Terbit, mendengarkan Garnet Crow.

  26. Harjanta August 26, 2009 at 8:39 am #

    Wah bagus tulisan Anda. Saya ingin terus mengikuti karya Anda lagi. Semua ini demi bahasa Indonesia agar bisa lebih mendunia dan menjadi bahasa di bumi Indonesia ini.

  27. IRVANAN October 26, 2009 at 10:41 am #

    Menurut saya bulan bahasa adalah hal yg terpenting buat bangsa Indonesia,karena ada peristiwa yg sangat besar

  28. kartunmania January 8, 2010 at 9:18 am #

    Saya termasuk salah satu orang yang beruntung, karena saya telah diberi kesempatan membaca blog ini. Terima kasih, salam kenal dan sukses buat Mas Raka…

    • indonesiasaram January 11, 2010 at 7:12 am #

      Terima kasih sudah berkunjung. Salam kenal juga.

  29. Tiara April 25, 2010 at 1:01 pm #

    Aku mau nanya klo bahasa koreanya saya cinta kamu apa ?

  30. DHANI HARTAMA September 2, 2010 at 9:44 am #

    saya termasuk orang yg beruntung,,, bisa membaca blog anda, smngkin bertambah wawasan ttntang bahasa indonesia saya,,, slam kenal dari saya. dhani hartama S,pd.

  31. lidya January 28, 2011 at 3:26 pm #

    Saya senang bisa membaca blog Anda. Usul nihh….. alangkah lebih baik jika pembahasan disertai buku sumber yang jelas, pasti akan benyak membantu dan melatih pembaca untuk berpikir ilmiah. Tidak langsung percaya pada sesuatu yang tidak jelas sumbernya.
    Siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia kalau bukan kita……..
    GBU

  32. @tiaraandhilines August 31, 2011 at 12:27 am #

    waaaa kapan ya saya bisa menulis seperti ini, saya cuman mahasiswa baru yang ingin bisa sekali mengutak-atik bahasa seperti anda🙂 boleh banyak belajar dari sini.. tidak sengaja menemukan blog ini dan waaaoohh keren!😀 sukses selalu !! semoga suatu saat saya bisa seperti anda😀 aminnnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: