Tentang “Ensiklomedi”

4 Jan

Kalau Anda senang menonton televisi, tentu Anda pernah mendengar acara yang berjudul “Ensiklomedi”. Tayangan yang disiarkan oleh stasiun televisi Trans 7 ini ternyata mengundang sedikit pertanyaan dari seorang teman. “Apaan sih Ensiklomedi itu?”

Sebenarnya, tidaklah sulit untuk menjelaskan istilah tersebut. Pertama, “Ensiklomedi” sebenarnya merupakan suatu abreviasi. Abreviasi merupakan proses morfologis berupa penanggalan satu atau beberapa bagian dari kombinasi leksem sehingga terjadi bentuk baru yang berstatus kata. Abreviasi ini menyangkut penyingkatan, pemenggalan, akronimi, kontraksi, lambang huruf (Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hlm. 1.). “Ensiklomedi” merupakan gabungan dari dua kata, ensiklopedia dan komedi.

Selanjutnya, mengapa acara tersebut dinamakan “Ensiklomedi”? Sederhananya, pihak pertelevisian, kalau boleh saya katakan demikian, ingin memberi kesan kepada penonton bahwa acara tersebut akan terus-menerus memberikan nuansa komedi yang akan membuat terpingkal-pingkal. Hal ini dimengerti dari sifat ensiklopedi yang menghadirkan informasi yang begitu kaya. Dan kekayaan ini sering kali terlihat dari tebalnya buku yang disebut ensiklopedia, atau bila dalam format digital, akan terlihat dari besarnya jumlah data dalam ukuran bita (byte).

Namun, saya kira masih ada satu hal lagi yang ingin mereka sampaikan melalui penamaan tersebut. Mengingat informasi dalam ensiklopedia senantiasa berubah, bertambah, atau diperbarui (lihat misalnya, Wikipedia, sebagai ensiklopedia gratis terbesar di dunia itu), maka semua komedi dalam acara ini akan selalu diperbarui. Tentu saja tujuannya agar tidak ditinggalkan oleh penggemarnya.

Nah, masih adakah acara lain di stasiun televisi kita yang melakukan abreviasi untuk memberikan kesan kepada para penikmat siaran televisi?

2 Responses to “Tentang “Ensiklomedi””

  1. yohanes1112 February 23, 2008 at 1:34 pm #

    Bahasa slank banyak peminat dan sudah terjadi pergeseran nilai atau keengganan belajar sesuatu yang baik?

    Apapun itu memang harus diposisikan dengan tepat guna menghindari kekeliruan tanggapan.

  2. Benny May 17, 2008 at 4:54 pm #

    “portmanteau”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: