Informasi Jelas Konsumen Puas

30 Dec

Anda gemar bepergian dengan menggunakan jasa PT. Kereta Api, khususnya dengan menggunakan kelas eksekutif? Bila ya, Anda tentu menjadi salah seorang yang mengharapkan mendapat kenyamanan sekaligus pelayanan yang terbaik; namanya saja kelas eksekutif. Itu pula yang saya inginkan sehingga memilih menggunakan kelas eksekutif daripada kelas bisnis. Boleh dibilang, inilah kali pertama saya menikmati perjalanan dengan kelas eksekutif langsung dari ruangan nyaman berpenyejuk ruangan itu.

Salah satu nilai tambah, kalau boleh dikatakan demikian, pada kelas ini ialah tersedianya sebuah televisi yang menyajikan sejumlah tayangan bagi para penumpang. Hal ini tentu dimaksudkan agar penumpang tidak merasa bosan.

Bila Anda memerhatikan, Anda akan menemukan bahwa sesekali akan muncul tulisan-tulisan seperti slogan pada monitor televisi tersebut. Dalam perjalanan saya pada Sabtu (29/12) yang lalu, penayangan tersebut saya temukan pada saat kereta api hendak berangkat dan ketika kereta api hendak tiba di tujuan. Dan salah satu slogan tersebut ialah “Informasi Jelas Konsumen Puas”.

Ketika itu, ada dua hal yang muncul di benak saya. Pertama, penayangan tulisan tersebut salah sasaran. Seharusnya, slogan seperti itu tidak terlalu perlu dinyatakan kepada penumpang atau pemakai jasa kereta api. Sebab di sana terkandung makna bahwa mereka memiliki kewajiban untuk memuaskan pelanggan dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya. Mungkin kalau ingin diperjelas, kita bisa menyisipkan sejumlah kata untuk memperjelasnya sehingga menjadi sebagai berikut.

Berikanlah informasi yang jelas agar konsumen merasa puas.

Hal kedua yang terlintas saat itu, slogan tersebut ingin menunjukkan bahwa pihak PT. Kereta Api telah melakukan kewajibannya kepada konsumen dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya. Dengan kata lain, bolehlah dibilang kalau mereka ingin membanggakan diri bahwa mereka sudah melaksanakan kewajiban mereka dalam memberi informasi.

Pertanyaannya, benarkah mereka sudah melaksanakan kewajiban ini sebagaimana mestinya? Mungkin hanya Anda yang sering menggunakan jasa PT. Kereta Api sajalah yang bisa menilai, terutama kalau Anda sering bertanya atau meminta informasi kepada mereka. Puaskah Anda?

2 Responses to “Informasi Jelas Konsumen Puas”

  1. Rem January 2, 2008 at 9:23 am #

    Selamat Tahun Baru 2008.
    tidak seluruhnya informasi yang diberikan itu benar kadangkala informasi yang diberikan membigungkan penumpang

  2. indonesiasaram January 2, 2008 at 3:43 pm #

    Selamat tahun baru juga. Ada banyak kerjaan untuk digarap pada tahun ini. Mari berkarya senantiasa.

    Yup, Anda benar, tidak semua informasi itu benar. Selain terkadang membingungkan, sering juga informasi itu sebenarnya tidak dibutuhkan konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: