Mendulang Nilai pada Soal-Soal Bahasa: Tulisan Sambil Lalu

27 Jun

Saya baru sadar bahwa pekan terakhir di bulan Juni ini merupakan pekan terakhir masa pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru alias SPMB. Informasi ini saya peroleh setelah “kesasar” di situs resmi SPMB. Dari sana pulalah saya mengetahui kalau jadwal SPMB justru mengalami sedikit perubahan, mengingat adanya pengunduran pengumuman Ujian Nasional.Jadwal berikut ini saya peroleh langsung dari situs tersebut. Informasi lengkapnya, klik di sini.

  1. Pendaftaran: 19 – 29 Juni 2007
  2. Ujian : 4 – 5 Juli 2007
  3. Ujian Ketrampilan: 9 – 14 Juli 2007
  4. Pengumuman (melalui koran): 3 Agustus 2007
  5. Pengumuman (melalui web): 2 Agustus 2007 pukul 20.00 WIB

Saya jadi ingat masa-masa ketika berjuang menembus perguruan tinggi negeri favorit. Kala itu namanya masih Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri, UMPTN. Saya hanya serius mengikuti bimbingan belajar ketika masa-masa intensif digelar. Itu pun dengan mengambil jurusan IPA, mengingat kelemahan saya adalah di bidang tersebut.

Kala itu, bimbingan intensif plus juga sedang marak-maraknya. Dengan lima juta, sepuluh juta, pihak bimbingan memastikan kelulusan anak didiknya. Program ini, pada hemat saya, tidaklah sehat. Karena pihak bimbinganlah yang akan menentukan satu jurusan yang harus dipilih oleh anak didiknya. Pilihan itu didasarkan pada hasil uji coba alias try out.

Strategi Sapu Bersih
Meski sudah mengikuti beragam uji coba, strategi tetap dibutuhkan. Satu strategi yang saya anggap perlu dipertimbangkan ialah melakukan sapu bersih pada hari pertama. Sebab, ujian hari pertama merupakan ujian kemampuan dasar yang terdiri dari tiga materi, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. Dan yang paling ideal adalah membabat habis soal-soal bahasa karena itulah kontributor pendulangan nilai terbesar. Bersama matematika, bila sukses melakukan sapu bersih, niscaya satu kaki sudah berada di perguruan tinggi tujuan.

Soal-soal bahasa Inggris mungkin rasanya tidak perlu menjadi masalah. Dengan globalisasi yang terjadi saat ini, rasanya kemampuan bahasa Inggris pun bisa semakin terasah. Asal tidak sekadar bercampur kode saja.

Sementara, soal-soal bahasa Indonesia, ah, ini mungkin bisa menjadi batu sandungan bagi sebagian orang. Bila tidak hati-hati, bisa celaka. Tapi soal-soal mendasar biasanya mencakup permasalahan morfologi dan sintaksis. Sesekali muncul pula soal-soal ejaan dan sastra, meski yang terakhir ini rasanya porsinya masih cukup kurang. Intinya, kalau sudah menggeluti permasalahan ketatabahasaan, tanpa harus menjadi ahlinya, rasanya soal-soal bahasa Indonesia pun akan lewat.

Di satu sisi, para peneliti bahasa rasanya perlu juga mengamati tingkat keberhasilan calon mahasiswa ini dalam menjawab soal-soal kebahasaan, terutama bahasa Indonesia. Dan ketika membandingkannya dengan soal-soal pada Ujian Nasional, mungkin bisa diketahui pula tingkat pengertian para siswa kita dalam soal kebahasaan Indonesia.

Sisanya, lakukan yang terbaik pada hari kedua. Semakin banyak menjawab soal dengan benar, semakin mempertegas posisi Anda di perguruan tinggi tujuan.

Yah, tulisan ini memang cuma tulisan sambil lalu. Saya tidak mungkin merinci strateginya karena sudah bertahun-tahun melewati masa-masa tersebut. Lagipula, sudah lama pula saya tidak menyentuh soal-soal uji coba, meski pernah tebersit pula di benak untuk coba-coba lagi. Intinya, selamat berjuang. Kalau di Ujian Nasional Anda bisa curang-curangan, jangan harap di SPMB ini Anda dapat melakukannya lagi!

One Response to “Mendulang Nilai pada Soal-Soal Bahasa: Tulisan Sambil Lalu”

  1. suhaef July 9, 2007 at 4:23 pm #

    saya senang bisa belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: