Artis, Aktor, dan Aktris

27 Jun

Kalau Anda merupakan penggemar berita-berita hiburan (infotainment), kata artis tentulah tidak asing lagi bagi Anda. Kata ini sering ditujukan kepada orang-orang terkenal dari dunia hiburan, baik dari dalam negeri, maupun dari luar negeri. Tapi setelah mencermati, saya menyadari betapa kata ini sepertinya telah digunakan secara sewenang-wenang.Kesewenang-wenangan itu terlihat dari betapa seringnya kata ini disematkan pada setiap orang ternama, hanya berdasarkan pada satu profesi, yaitu mereka yang berbagian dalam dunia hiburan. Jadi, tak jarang kita mendengar bahwa Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, Laudya Chintya Bella, Nicholas Syahputra, dan sebagainya disebut sebagai artis. Beberapa media, terutama media massa, lebih sehat dalam menyebut mereka, entah sebagai presenterkah, sebagai pemain sinetronkah, dan profesi lain yang mungkin mereka geluti.

Padahal, kata artis sendiri — padanannya dalam bahasa Inggris ialah artist — lebih merupakan kata umum atau yang lazim disebut hiponim. Kata ini sering diartikan pula sebagai seniman. Posisinya bisa dikatakan netral, dalam arti mengena pada laki-laki, maupun perempuan. Bila dikaitkan dengan profesi, artis mencakup berbagai hal, mulai dari penyanyi, pemusik (musisi), pelukis, pematung, termasuk aktor, dramawan. Jadi, artis merupakan superordinat, sedangkan kata-kata lain seperti penyanyi, pemusik (musisi), pelukis, dan sebagainya itu merupakan kohiponim.

Menyadari hal ini, jelaslah bahwa tokoh-tokoh yang sering tampil dalam tayangan infotainment dan disebut-sebut sebagai artis, itu tidak terlalu tepat disebut artis. Sebab masih ada kata yang lebih khusus untuk menyebut profesi kesenimanan mereka itu. Dalam daftar sebelumnya, saya menyebut kata aktor (maskulin) dan aktris (feminin), yang rasanya lebih mengena bila hendak menyebutkan tokoh-tokoh terkenal kita di dunia sinetron dan perfilman itu.

Yah, kesewenang-wenangan ternyata bukan monopoli para politikus dan ahli hukum saja. Tapi masyarakat bahasa juga sewenang-wenang dalam menggunakan bahasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: