Mengenai Artikel dari Internet

22 May

Keberadaan internet, di satu sisi, merupakan suatu anugerah tersendiri, terutama bagi kalangan akademik. Berbagai informasi mencakup ilmu pengetahuan, entah dari bidang matematika, sastra, bahasa semua bisa dilalap. Lebih menarik lagi, kita dapat mengakses beragam jurnal ilmiah yang juga telah merambah ke dalam bentuk elektronik.

Meski demikian, tampaknya masih belum ada satu konvensi mengenai bagaimana menuliskan kepustakaan atau bibliografi untuk bahan-bahan yang diambil dari internet. Kalau memerhatikan sejumlah karya tulis mahasiswa, maupun praktisi, kebanyakan juga sekadar mencantumkan alamat situs saja.
Sebagian mengusulkan memperlakukan artikel-artikel maupun tulisan-tulisan ilmiah yang dirujuk dari internet sebagai artikel sebagaimana dalam bentuk tercetak. Kalau dalam bentuk tercetak kita mengikuti pola nama penulis yang dibalik, tahun terbit, judul artikel dalam tanda petik ganda, tambahkan kata “dalam”, lalu sumber tercetaknya.

Misalnya:

Poerwandari, Kristi. 2007. “Fatalisme sebagai Tantangan Terbesar Bangsa”, dalam Kompas, Rabu, 16 Mei 2007.

Maka seperti itu pulalah kita menuliskan bibliografi bila kita mengambil dari sumber internet. Untuk itu, kita menulis sebagai berikut.

Edwards, Bruce, L. Tanpa tahun. “Tagmemic Discourse Theory”, dalam
http://personal.bgsu.edu/~edwards/tags.html.

Yang harus diperhatikan, sering kali kebanyakan orang hanya mencantumkan alamat home dari situs tersebut. Dari contoh di atas, akan ditulis sebagai

Edwards, Bruce, L. Tanpa tahun. “Tagmemic Discourse Theory”, dalam
http://personal.bgsu.edu/.

Penulisan ini jelas keliru. Ketika kita mengunjungi alamat yang hanya http://personal.bgsu.edu/ itu, kita tidak akan langsung menemukan artikel terkait. Malahan kita mungkin masih harus mengeklik beberapa kali sampai kita menemukan artikelnya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan alamat yang pasti. Prinsipnya, cantumkanlan alamat URL yang langsung membawa kita kepada halaman di mana artikel yang kita acu itu berada.

3 Responses to “Mengenai Artikel dari Internet”

  1. Rusdy June 8, 2007 at 11:55 am #

    Memang harus diakui kepustakaan yang bersumber dari Internet sangatlah sulit untuk distandardisasi. Tentunya hal ini sebagian besar disebabkan oleh isi Internet itu sendiri yang sangat dinamis (terlalu mudah dirubah) dan sangat terpengaruh dengan teknologi informasi yang terlalu cepat berubahnyaūüėČ

    Untungnya, beberapa teknologi informatika juga turut berkembang untuk mengatasi masalah ini, contoh: Permalink. Dengan menggunakan permalink, isi dari situs yang ingin kita referensikan tidak akan berubah alamatnya. Semakin banyak situs-situs dengan chronological structure, seperti berita, blog, dan banyak lainnya yang mulai menggunakan fitur ini. Belakangan ini, version control-pun mulai di-implementasi, sehingga jika isi dari sebuah situs berubah, kita bisa melihat apa perubahannya (contoh: Wikipedia).

    Dari pengalaman pribadi, saya selalu berusaha untuk mengutip situs-situs yang lebih dipercayai oleh publik pada umumnya, seperti surat kabar, majalah terkemuka, dan banyak lainnya (salah satu favorit saya: Wikipedia).

    Catatan: Untuk mereferensi di Internet, biasanya saya menggunakan link langsung dari kalimat yang saya referensikan, seperti yang sudah saya gunakan di atasūüôā

  2. bennylin September 23, 2007 at 8:28 pm #

    Satu hal yang jangan dilupakan ialah untuk mencantumkan tanggal aksesnya, sehingga pembaca tahu kalau akses terakhirnya lima tahun lalu dan sekarang situsnya sudah tidak ada, maka bisa dimaklumi. Namun jika baru seminggu dan situsnya sudah tidak ada, tentu ada sesuatu, entah salah ketik atau situsnya down sementara.

    Bagi situs yang terlalu panjang juga bisa menggunakan “tinyurl.com” untuk memendekkannya.

  3. Nila March 12, 2012 at 11:33 am #

    Makasih gan inpoh nyaūüôā

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: