Yang Mana Kota Penerbitnya?

25 Apr

Ketika kita hendak menulis sebuah artikel ilmiah, penulisan daftar pustaka–biasa disebut juga sumber pustaka, sumber bacaan, bibliografi, kepustakaan–menjadi syarat utama. Tanpanya, tulisan ilmiah kita akan dituduh sebagai tulisan yang sangat subjektif.

Saya tidak hendak menyampaikan cara penulisan daftar pustaka karena semestinya bagaimana susunannya, berdasarkan jenis-jenis sumbernya (majalah, surat kabar, buku), semestinya sudah dipelajari. Setidaknya, buah pikiran Gorys Keraf dalam buku Komposisi sudah cukup menjelaskannya.Namun, harus diakui bahwa terkadang ada buku yang sulit kita lacak lokasi penerbitnya karena menyertakan dua, tiga, bahkan empat kota sekaligus. Buku Christian Counseling: A Comprehensive Guide, buah pikiran Gary R. Collins, Ph.D. merupakan salah satunya.

Pada lembar kedua atau halaman lima dari depan, bagian bawah tertulis

Word Publishing

Dallas – London – Vancouver – Melbourne
Nah, kalau sudah begini, tentu kita kebingungan. Apakah kita harus menuliskan semua kota itu? Beberapa mungkin akan menuliskan di daftar pustakanya sebagai berikut.

Collins, Gary. 1988. Christian Counseling: A Comprehensive Guide. Word Publishing: Dallas, London, Vancouver, dan Melbourne.

Namun, cara ini tentunya tidak disarankan. Karena keempat kota itu pada dasarnya mengindikasikan bahwa Penerbit Word Publishing memiliki rumah percetakan di keempat kota tersebut. Masing-masing di AS, Inggris, Kanada, dan Australia.

Untuk mengetahui mana kota yang menerbitkan buku tersebut, lihat saja halaman di baliknya, yang berisi informasi hak cipta. Biasanya akan ada kalimat berbunyi “Printing in ….” Buku ini sendiri menyebutkan “Printing in the United States of America”. Artinya, kota di mana buku tersebut diterbitkan adalah Dallas, satu-satunya kota asal AS di daftar kota di atas itu. Dengan demikian, kita bisa menuliskan

Collins, Gary. 1988. Christian Counseling: A Comprehensive Guide. Word Publishing: Dallas.

Tapi bukan

Collins, Gary. 1988. Christian Counseling: A Comprehensive Guide. Word Publishing: United States of America.

karena identitas yang semestinya disertakan di bagian akhir itu adalah kota penerbitan, bukan negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: