Pos Xpress, sehari sampai, PASTI!

21 Apr

Di manakah biasanya letak kantor pos besar di setiap kota? Di daerah balai kota. Ini benar. Di Medan, kantor pos besar terletak di dekat Lapangan Merdeka, di depan gedung Bank Indonesia. Di Yogyakarta pun demikian, tidak jauh dari daerah Malioboro. Pun di Solo.

Ketika untuk pertama kalinya berkesempatan memasuki kantor pos besar di Solo, saya cukup kagum juga. Kesan yang lebih rapi saya tangkap di sana. Berbeda dengan di Medan. Tidak tahu kalau di Yogyakarta.Namun, ada sesuatu yang menarik minat saya. Ketika memasuki pelataran kantor pos besar di Solo itu, saya menemukan spanduk-spanduk yang menawarkan fitur layanan PT Pos Indonesia ini. Salah satu yang terpampang ialah layanan Pos Xpress. Dengan slogan “Sehari sampai, PASTI!”. Dan hal inilah yang sangat menggelitik untuk dituliskan.

Apa yang menarik dari spanduk tersebut? Di spanduk yang dipasang membujur itu, terdapat tiga kotak. Kotak pertama bertuliskan:

Sameday Service

^

Kiriman tiba
di hari yang sama

Artinya, kalau Anda mengirimkan sesuatu hari Senin, katakan saja tanggal 23 April 2007, pada hari dan tanggal yang sama pulalah kiriman Anda itu akan tiba.

Kotak berikutnya,

Nextday Before
10.00 am
Service

^

Kiriman tiba esok
sebelum pukul 10.00 pagi

Nah, sampai sejauh ini, masih baik-baik saja. Anda kirimkan hari Senin, paket atau surat Anda akan tiba hari keesokan harinya sebelum pukul 10.00 pagi.

Yang bermasalah justru yang ketiga ini.

Nextday Before
17.00 pm
Service^

Kiriman tiba esok
Sebelum pukul 17.00 sore

Apa yang salah dari yang terakhir itu? Ada dua hal. Pertama, dalam bahasa Inggris dan kedua dalam bahasa Indonesianya. Semula saya mengira kesalahpahaman dalam bahasa Inggris, eh, ternyata yang dalam bahasa Indonesia pun keliru juga. Ya, entah mengapa PT Pos Indonesia mencantumkan pm dan sore setelah menggunakan 17.00.

Penulisan waktu, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, setahu saya ada dua macam. Pertama yang menggunakan sistem 24 jam dan 12 jam. Sistem pertama, tentu saja, menerapkan angka 13 untuk jam satu siang, terus hingga hari berakhir, di mana pukul 24.00 biasa disebut juga pukul 00.00.

Lalu yang kedua, sistem 12 jam. Untuk yang ini, setelah pukul 12, kita akan kembali menyebut angka 1, 2, dan seterusnya, baik untuk siang hari, maupun malam hari. Bedanya, kita mesti menggunakan suau pemarkah atau penanda untuk menyebutkan konteks waktu, khususnya dalam konteks tulisan. Dalam bahasa Inggris biasa digunakan am atau pm. Jadi, kalau jam satu siang, ditulis 1.00 pm, demikian seterusnya. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, ditulislah keterangan seperti siang, sore, atau malam, misalnya pukul 3 sore.

Mencermati hal ini, tampaknya pihak PT Pos Indonesia telah salah kaprah untuk memahami standar penulisan tersebut. Mungkin mereka perlu diperkenalkan kembali pada dua model penulisan waktu tersebut.

Meskipun bermasalah dalam kasus tersebut, saya harus akui bahwa layanan ekspres PT Pos Indonesia ini memang sudah terbukti. Malahan lebih murah ketimbang layanan titipan kilat. Bahkan berkat layanan PT Pos Indonesia ini, saya bisa menikmati masakan ibu saya, menu yang tidak saya dapatkan di Solo. Yah, selama tidak terlambat dan tiba pukul 23 pm the next week sajalah Laughing.

2 Responses to “Pos Xpress, sehari sampai, PASTI!”

  1. bennylin September 23, 2007 at 7:35 pm #

    Wah, Anda cermat, namun masih kalah cermat sama saya ^^

    Penulisan jam yang benar menggunakan titik dua (:) di antara jam dan menitnya, jadi blok kedua dan ketiga empat-empatnya salah (dua bahasa Indonesia, dua bahasa Inggris). Yay!

    “pukul 23 pm the next week” LOL!

    NB: Saya punya banyak memori di kantor pos yang Anda maksudkan…

  2. indonesiasaram December 13, 2007 at 10:20 am #

    Woa, baru ingat mesti membalas yang di atas. Saya tidak keliru dalam penulisan jam tersebut. Sistem ejaan di Indonesia menggunakan tanda titik untuk memisahkan jam, menit, dan detik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: