Samsung atau Samseong?

6 Jan

Memerhatikan transliterasi dari hangeul ke aksara Latin, ternyata ada perbedaan dalam pentransliterasian aksara. Ketika mendapatkan oleh-oleh dari kenalan Korea saya yang baru kembali ke Indonesi dari kampung halamnnya di Seoul, saya menyadari hal ini. Ketika itu, salah satu oleh-oleh yang ia berikan adalah sebuah pena dengan logo yang sudah kita kenal.

Samsung Logo

Dari logo di atas, kita melihat bahwa yang tertulis ialah Samsung. Namun, ketika saya mendapatkan pena terebut, tulisan hangeul yang saya lihat justru 삼성전자. 삼성 merupakan tulisan hangeul untuk Samsung, sedangkan 전자 dapat diartikan sebagai ‘elektrik’ atau electric.

Nah, bagaimana transliterasinya? Ternyata, 삼성전자 dilatinkan sebagai samseong jeonja. Dengan kata lain, ada perbedaan antara yang tertera di logo dengan yang tertulis dalam hangeul-nya. Adakah ini merupakan kesalahkaprahan dalam transliterasi?

Asumsi saya, ada sejumlah model pentransliterasian dan salah satu model yang dipakai menyebabkan vokal eo ditulis sebagai u. Yah, kira-kira begitulah.

4 Responses to “Samsung atau Samseong?”

  1. mazdanez January 10, 2007 at 5:48 pm #

    Selamat buat blog barunya!
    Keep on writing, dude🙂

  2. Yohanes Eko January 17, 2007 at 4:39 pm #

    Bung, bukannya mau ngomongin Bahasa Indonesia? Kok malah jadi Korea sich?

  3. indonesiasaram January 18, 2007 at 6:11 pm #

    He, he. Iya. Memang intinya bahasa Indonesia. Makanya saya nulisnya pakai bahasa Indonesia. Kalau dibilang kenapa ngomongin bahasa Korea, juga memakai alamat (indonesiasaram) Korea, itu semata karena saya memang penggemar beberapa hal berbau Korea saja. Tapi saya juga sudah mempertimbangkan lagi sehingga saya telah mengganti header di atas.

  4. bennylin September 23, 2007 at 6:42 pm #

    untuk memudahkan pengguna bahasa Inggris yang tidak akrab dengan transliterasi Korea-Latin… mungkin

Leave a Reply

