Mengungkapkan Cinta

14 Feb

Banyak yang beranggapan bahwa Hari Valentine merupakan hari yang tepat untuk mengungkapkan cinta kepada pasangan masing-masing secara verbal. Tak pelak lagi, ungkapan cinta secara verbal memang sesuatu yang penting. Meski masih kalah ungkapan dari perilaku, sebuah ungkapan dari mulut kita seperti memberikan materai pada selembar surat kuasa.

Dalam bahasa Indonesia, kita bisa menggunakan kalimat, “Aku mencintaimu.” Tentu saja ada banyak variasi dari kalimat subjek-predikat ini. Berikut beberapa variasi yang ada dalam bahasa Indonesia.

  • Aku suka kamu.
  • Aku sayang kamu.
  • Aku cinta kamu.
  • Aku sangat menyayangi/mengasihi/ kamu.
  • Gue suka ama loe.
  • Gue tu sayang banget sama loe.

Tak jarang pula, agar dianggap keren, kita menggunakan bahasa lain untuk mengungkapkan cinta. Dalam rangka Hari Valentine, berikut ini ungkapan cinta dari beberapa bahasa.

Inggris : I love you
Jerman : Ich liebe dich
Spanyol : te amo
Mandarin : wo ai ni
Jepang : watashi wa aishiteru; suki da yo (dari pria) atau suki yo (dari wanita)
Korea : Sarang hae
Dayak : aku handak dengan ikau
Timor : beta talalu cinta deng lu
Jawa : kawulo tresno dumatheng panjenengan
Batak : holong rohang ku tu ho

Ada yang mau menambahkan atau mengoreksi?

39 Responses to “Mengungkapkan Cinta”

  1. adinda July 22, 2007 at 12:38 pm #

    belanda : ik houd van jou ; ik houd van harr

  2. bennylin September 23, 2007 at 7:22 pm #

    Profesor Google punya jawaban lengkapnya, tinggal ketik “I Love You”.

    Tiga hal, pertama Anda menggunakan istilah “Hari Valentine” (dengan huruf “H” kapital), bung, bukankah sebaiknya memakai istilah “hari Kasih Sayang”? (saya tidak yakin kapitalisasinya benar tidak).

    Kedua, teman-teman yang kuliah di luar negeri mungkin dapat membenarkan pernyataan saya ini, namun saya sering ditanya padanan kata “I love you” dalam bahasa Indonesia oleh penutur bahasa asing, dan sesering itu pula saya merasa tidak yakin apakah “Saya cinta kamu” benar-benar merupakan kalimat yang diucapkan oleh orang Indonesia. Saya rasa kebanyakan dalam situasi intim semacam ini orang memilih menggunakan bahasa ibu mereka yang notabene merupakan bahasa daerah. Mungkin daripada membaca frasa “Saya cinta kamu” dalam berbagai bahasa asing, lebih baik kita mencari tahu frasa tersebut dalam bahasa-bahasa daerah di Indonesia (beberapa sudah disebut di dalam artikel di atas) yang notabene berjumlah ratusan.

    Ketiga, dan ini yang saya suka dari bahasa Indonesia, Anda menyebut sekilas frasa “Saya mengasihi Anda”. Saya pernah berpikir tentang istilah ini “mengasihi” dan bagaimana eratnya istilah tersebut dengan kekristenan. “Kasih” dan bentuk imbuhannya “mengasihi, dikasihi, terkasih” jarang sekali dipakai di luar konteks kekristenan, namun kata tersebut 100% bahasa Indonesia bukan serapan bahasa asing. Dapat dipahami karena kata ‘kasih ‘yang dalam bahasa Inggris sama-sama disebut “love” atau ‘cinta’ itu memiliki arti yang berbeda dengan kata ‘cinta’ yang seringkali berujung pada “lust” atau ‘hawa nafsu’. Coba pikirkan satu hal buruk tentang ‘kasih’ dan Anda tidak akan dapat menemukannya. “Tuhan mengasihimu”, “saya mengasihimu”, “saya mengasihi Tuhan” menandakan suatu hubungan yang melebihi cinta, itu saya rasa adalah hal yang membedakan kekristenan dari agama lain. Kita memiliki “kasih kekal”, “kasih sorgawi”, “kasih sejati”. Satu hal yang patut kita banggakan mengenai bahasa Indonesia.

  3. stephanie Tesalonika October 24, 2007 at 1:10 pm #

    Pelit amat sih kata – katanya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kirimin dong kata – kata aku cinta kamu dalam berbagai jenis bahasa ke E – mailku !!!!!!!!!!!!
    PLISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

  4. indonesiasaram November 5, 2007 at 11:09 pm #

    Waduh, saya memang hanya menuliskan kalimat pernyataan tersebut sesuai yang saya tahu saja. Kalau tahu lebih banyak, sudah pasti saya akan mendaftarkan semuanya. Dan karena tidak tahulah maka saya mengundang teman-teman dunia maya lainnya untuk menambahkannya. Bukannya pelit, lho. :P

  5. bale' December 21, 2007 at 9:21 pm #

    liat aja di iyebraa.blogspot.com…lengkap semua

  6. NGERI December 24, 2007 at 10:33 pm #

    kurang lengkap… tanya om google…. tinggal masukan kata “aku cinta kamu dalam berbagai bahasa”… :)

    • Lula November 13, 2009 at 2:30 pm #

      SETUJU ….

  7. Faiez January 1, 2008 at 6:52 am #

    BTW kirimin aq puisi-puisi cinta dong

  8. Trisvelstre February 3, 2008 at 8:20 am #

    Klu gue mau ngungkapin I love u.

    Gue cuma bilang aja sama cewek gue.

    I kan Hiu Goyang Goyang.
    I love u sayang………..

    Truz klu gara gara dia gua jd bnyk utang.

    Gue kasih dia pantun JADUL

    Say, Engkau lah Bulan,
    Engkaulah Bintang,
    Gara gara engkau,
    aku banyak utang. :(

  9. boyong February 14, 2008 at 2:48 pm #

    Bali: titiang demen ken rage
    Sunda: Abdi begoh ka anjen
    Madura: kaula cinta tang alek
    Surabaya: aku seneng karo awakmu

  10. feylin March 31, 2008 at 1:55 pm #

    aku bingung mengungkapn kata2 apalg,yg baru jatuh cinta dan baru berhubungan.

  11. chaos July 24, 2008 at 1:41 pm #

    belanda : eik hou van jou
    arab: anna uhibbu ilaika (ke co)
    anna uhibbu iaiki (ke ce)
    sunda: aa nyaah ka eneng

  12. benny July 28, 2008 at 3:16 pm #

    Mengutip Boyong:
    “Surabaya: aku seneng karo awakmu”

    artinya “Saya suka tubuh Anda!!!” 0.o heheheh… moga-moga wajahnya dilihat juga ya…

    Bahasa Jawa: aku seneng (karo) kowe
    Bahasa Jawa-Inggris: ai lop yu, sayang… :P
    Indo-Inggris-Mandarin: I ai kamu (baca: ai-ai-kamu) ^_^

  13. Q_QuTe August 7, 2008 at 3:52 pm #

    –I LoVe U (EngLisH)
    –IcH LiebE dicH (gErmAny)
    –Wo aI nI (ChinNese)
    –MaHaL KitA ( …. )
    –Ai sHi TeRu (JapAn)
    tyUz pA agy yAw??
    AyO dUnKz tMbHiN..

    WoOi!!!
    BrUaN tMbHiN!!
    EeegH Qo mLh bCa tyUz cHe…??
    BrUaN!!
    LiMitEd eDitiOn tEu!!
    E . . . . HeX!!

  14. vince October 9, 2008 at 6:53 am #

    YA TEBYA LYUBLYU in Russian Language ^,^

    bs jg YA Lyublyu Tebya…

    cara baca : YA CIBYA LUBLU

    YA LUBLU CIBYA

  15. dee October 9, 2008 at 8:40 am #

    SAYANG dalam berbagai bahasa
    ini yg gw dapet…

    Afrika : Ek Is Lief Vir Jou : Ek Het Jou Lief
    Albania : te dua : te dashuroj
    Arab (formal) : Oohibbuki (utk wanita) Oohibbuka (utk lelaki)
    Armenia : Es kez siroum em : Es zes siroum em : Es siroum em kez : Es siroum em zes

    Bengali : Aami tomaake bhaalo baashi : Ami tomay bhalobashi : Ami tomake bahlobashi
    Burma : Chit pa de
    Brazil : Amo te
    Bavaria : I mog di narrisch gern Belorussian : Ya kahayu tabe
    Bolivia : Qanta munani
    Bulgaria : Obicham te : As te obeicham : As te obicham
    Croatia : ljubim te
    Czech : Miluji Te : MILUJU TE! (colloquial form)
    Danish : Jeg elsker dig
    Dutch : Ik Hou Van Jou
    Estonia : Mina Armastan Sind
    Ecuador Quechua : canda munani
    Esperanto : Mi amas sin
    Filipina(Tagalog) : Mahal Kita : Iniibig ako
    Finland (Finnish) : Minä Rakastan Sinua
    Flemish : Ik Hou Van Jou Ik Bemin Je Ik Heb U Lief
    Friesian : Ik Hou Fan Dei
    Gaelic :Ta Gra Agam Ort
    Jepun : Kimi o ai shiteru : Aishiteru : Chuu shiteyo : Ora omee no koto ga suki da : Ore wa omae ga suki da : Suitonnen : Sukiyanen : Sukiyo : Watashi Wa Anata Ga Suki Desu : Watashi Wa Anata Wo Aishithe Imasu
    Jerman : Ich liebe Dich
    Greek : s’ayapo
    Greenland : Asavakit
    Gujrati : Hoon Tane Pyar Karoochhoon.
    Hindi : Mai tumase pyar karata hun (kepada wanita) : Mai tumase pyar karati hun (kepada lelaki) : Main Tumse Prem Karta Hoon : Mai Tumhe Pyar Karta Hoon : Main Tumse Pyar Karta Hoon. : Mai Tumse Peyar Karta Hnu. Hokkien : Wa Ai Lu Hopi : Nu’ Umi Unangwa’ta
    Hawaii : Aloha I’a Au Oe
    Hausa : Ina Sonki
    Hebrew : Anee Oheivet Otkha (kepada wanita) : Anee Oheiv Otakh (kepada lelaki)
    Hungary : Szeretlek Te’ged : Szeretlek
    Iceland : Eg elska thig Indi : Mai Tujhe Pyaar Kartha Hoo
    Itali : Ti Amo : Ti voglio
    Iran : Mahn doostaht doh-rahm
    Irish : taim i’ ngra leat
    Jawa : Kulo tresno
    Kantonis : Moi Oiy Neya: Ngo Oi Lei ( ” )
    Kemboja : Kh_nhaum soro_lahn nhee_ah : Bon sro lanh oon
    Kanada (Perancis) : Je t’aime (“Saya suka awak”) : Je t’adore (“Aku Cinta Padamu”)
    Kurdish : Ez Te Hezdikhem
    Korea :Tangsinul Sarang
    Latin :Te Amo : Vos Amo Latin Ego) Amo Te)
    Laos : Khoi Huk Chau Latvian : Es milu tevi Es tevi milu
    Lebanon : Bahibak Lingala : Nalingi Yo
    Lithuania :TAVE MYLIU ( Ta-ve Mee-lyu )
    Mandarin (Chinese): Wo Ai Ni
    Malayalam : Ngan Ninne Snaehikkunnu
    Mohawk : Konoronhkwa
    Marathi : Mi tuzya var prem karato
    Malta : Inhobbok
    Navaho : Ayor Anosh’ni Ndebele : Niyakutanda
    Norway : Jeg elsker deg (Bokmaal)
    Perancis : Je T’aime
    Parsi : Tora Dust Midaram : Asheghetam
    Parsi (Persian) : Doostat Daram
    Pakistani : Mujhe Tumse Muhabbat Hai
    Persian : Tora Dost Daram
    Portugal: Gosto de ti
    Polish : Kocham Cie : Yacha kocham : Kocham Ciebie
    Portugis : Eu Te Amo (pronounced ‘eiu chee amu’) : Eu Te Adoro : Amo Te
    Punjabi : Main Tainu Pyar Karna
    Romania :Te Iu Besc : Te Iubesc : Te Ador
    Russia : Ya Vas Lyublyu : Y’a Liou-bliou Tibya : Ya Vac Loobyoo : Ya Tebya Loobyoo : Ya L’ubl’u T’ebya : Ju Ljublju Tebja! : LJUBLJU TEBJA! : Ya Lyublyu Tebya : Ya Polubeel S’tebya. : Ya Tebya Ljublju Siam (Thai) : Phom Rak Khun (formal,kepada wanita) : Ch’an Rak Khun (formal, kepada lelaki)
    Spanyol : Te Amo : Te Quiero
    Sri Lanka : Mama Oyata Arderyi
    Scot Gaelic : Tha Gradh Agam Ort
    Serbia : ljubim te
    Shona : NdinokudaSranang Tongo : Mi Lobie You
    Sioux :Techihhila Sinhalese : Mama Oyaata Aadareyi
    Slovak : Lubim Ta
    Slovene : Ljubim Te
    Swahili : Nakupenda
    Swedish : Jag Älskar Dig
    Swiss-Jerman : Ch’ha Di Gärn
    Tahiti : Ua Here Vau Ia Oe
    Taiwan : Wa Ai Li Tamil : Naan Unnai Kadalikiren
    Telugu : Ninnu Premistunnanu.
    Tunisia : Ha Eh Bak
    Telugu/India : Nenu Ninnu Premistunnanu
    Tibet: Nga Rang Lha Ga Bu Du
    Turki : Ben Seni Seviyurum : Ben Seni Seviyorum
    Ukrain : Ya tebe kokhayu
    Urdu : Main Tumse Muhabbat Karta Hoon
    Vietnam : Anh Yêu Em (kepada wanita) : Em Yêu Anh (kepada lelaki) : Toi Yeu Em
    Vlaams : Ik zien oe gijre : Ik hue van ye
    Welsh : Fi cariad ti
    Yugoslavia: Ja Te Volim Zazi : Ezhele Hezdege
    Zulu : Mena Tanda Wena

  16. nana December 20, 2008 at 10:32 am #

    je t’aime….

    dlm bhs prancis lhowh!!!!

  17. christine February 12, 2009 at 3:58 pm #

    hay . . .
    aq christine
    aq pny 1 kata yg bs jg untuk ngungkapin cinta loh

    Je’tai me
    Dibacanya zye taime
    artinya aku cinta kamu
    itu tuh bahasa france

  18. asep April 27, 2009 at 9:23 pm #

    trimakasih bwt smua nya jd lengkap kmus aku
    hehehehe

  19. dHenY_59 June 29, 2009 at 2:21 am #

    Thank udh bantu gw bgd.,

  20. andri July 27, 2009 at 8:25 pm #

    broho nana kishaa
    bahasa gaib, artinya aku sayang

  21. dichah August 7, 2009 at 9:56 pm #

    lon lagak ke kah (aceh)

    • indonesiasaram August 11, 2009 at 7:30 am #

      Strukturnya benar begitu ya? Karena saya memang tidak tahu bahasa Aceh, silakan pengunjung lain mengoreksi. Terima kasih sudah menambah daftar di atas.

  22. Uty December 4, 2009 at 6:45 pm #

    Klu dalam bahasa aceh “lon galak keu gata”

    • indonesiasaram December 4, 2009 at 10:28 pm #

      Terima kasih sudah mampir dan memperkaya daftar di atas.

  23. Tlogo January 7, 2010 at 10:29 pm #

    setiap bahasa punya kata2 sendiri
    banyaknya ungkapan cinta/sayang pastilah lebih banyak daripada jumlah bahasa yang selama ini ada

    • indonesiasaram January 11, 2010 at 7:12 am #

      Saya jadi ingat, ada komentar bahwa semua bahasa di dunia ini tidak akan benar-benar sanggup menyatakan perasaan cinta, terlebih jika cinta itu diwujudnyatakan. Seperti kata lagu, “Semua bisa bilang.” Namun, bisakah melakukannya?

  24. ika February 1, 2010 at 11:56 am #

    chuae opa

  25. sragen city February 17, 2010 at 2:58 pm #

    good” yach…………………!!!!!!!!!!!!!!!!!

    q uLa ca TmbHin’ugH…

    ma’apH yacH………..
    heheheHeHe

  26. Merry February 23, 2010 at 4:02 pm #

    Gw + dkt dhe…
    Mlm bhsa mndrn.
    Wo ai ni yi bei zi
    Aku mencintaimu seumur hidup/selamanya

  27. LieZMaya March 12, 2010 at 8:17 am #

    Sunda: Abdi Bogoh ka salira.

  28. Mata Dunia March 12, 2010 at 1:27 pm #

    Aku mencinta maka aku ada…

  29. tantan muntana April 5, 2010 at 11:50 am #

    Mena Tanda Wena femi .

  30. Evie April 21, 2011 at 11:13 am #

    Phileis se dlm bhs Yunani

  31. jany July 31, 2011 at 11:15 pm #

    sarang hae (yo) Korea Lovers

  32. ryan October 18, 2011 at 2:31 pm #

    dayak ma’anyan : aku hamen baya hanyuu !!
    ware pangale !!
    hee

  33. dryatz February 4, 2012 at 7:24 am #

    walking blogger from malaysia here… thank for the sharing.. hav nice day.. adious…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

%d bloggers like this: