Ekspektansi atau Ekspektasi?

7 Feb

Beberapa waktu yang lalu, seorang pengunjung memberikan respons terhadap artikel saya, Mengapa Ada Dua? Salah satunya, ia menanyakan, mana yang benar, ekspektansi atau ekspektasi?

Setelah cukup waktu, saya menyadari sebuah kekeliruan dalam artikel saya itu. (Saat ini sudah saya perbaiki.) Sebagaimana diungkapkan, asal kata itu, sesuai asumsi saya, berasal dari kata dalam bahasa Inggris, expectation. Nah, kata ini lebih kena dengan ekspektasi daripada ekspektansi.

Saya sempat mencari-cari entri ekspektasi ini dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002). Namun, saya sama sekali tidak menemukannya. Hal ini tampaknya menguatkan anggapan saya bahwa kebanyakan kata dalam bahasa Inggris belakangan ini mulai beralih menjadi ke bentuk Indonesia.

Kalau kita membuka Pedoman Ejaan yang Disempurnakan dan Pedoman Pembentukan Istilah, kita akan mendapati sejumlah hal menyangkut penyerapan kata atau istilah. Misalnya, suku kata yang berakhiran c, bila diindonesiakan akan menjadi k; lalu yang berakhiran -tion, akan menjadi -si. Contohnya, generation menjadi generasi; electrice akan menjadi elektrik.

Bila mencermati kondisi belakangan ini, termasuk fakta bahwa kata ekspektasi ternyata tidak ada dalam entri KBBI (entah di cetakan tahu-tahun berikutnya), perlahan tapi pasti, bahasa kita akan bergeser menjadi indonenglish.

Pertanyaannya, apakah ini ancaman? Tergantung dari sudut mana kita memandang. Kalau ingin menjaga kemurnian, kita akan menolaknya. Tapi kalau kita anggap pengimporan ini sebagai bagian dari strategi pengayaan kosakata, tentu kita mendukung.

Namun, ada hal yang perlu ditekankan lagi. Apakah perbanyakan istilah ini benar-benar bermanfaat? Seberapa penting hal ini kita lakukan? Benarkah ada nuansa makna yang tidak tertangkap dari kata harapan, yang notabene adalah versi asli (katakanlah demikian) dari ekspektasi dalam bahasa Indonesianya? Atau cuma sekadar mau gaya-gayaan?

About these ads

7 Responses to “Ekspektansi atau Ekspektasi?”

  1. mazdanez March 5, 2007 at 1:55 pm #

    Tapi ternyata belum tentu juga bahwa yang benar adalah bentuk “ekspektasi”, karena ternyata dalam bahasa Inggris terdapat dua kata yang berbeda, walaupun sama-sama kata benda, yaitu “expectation” dan “expectancy”. Yang pertama mengacu kepada tindakan penantian/pengharapan itu sendiri, sedangkan yang kedua menyatakan tingkat atau intensitas pengharapan (misalnya dalam frasa “life expectancy”). Jadi, dalam hal ini, pengertian yang mana yang sebenarnya dimaksud?

  2. bennylin September 23, 2007 at 7:23 pm #

    Dengan kata lain padanan kata Indonesianya adalah:
    -expectation->harapan (contohnya: harapan saya)
    -expectancy->tingkat harapan (contohnya: tingkat harapan hidup).

    Artikel pendek yang menarik

  3. rama November 30, 2009 at 1:15 pm #

    thanks infonya

  4. dems March 1, 2010 at 12:24 pm #

    thanks… atas kereksian bahsa yang bagus.
    kebetulan saya juga sedang mencari makna kata ini. akhirnya kutemukan juga artinya di blok ini. trims

  5. fazwanir March 13, 2011 at 1:59 am #

    mmg bnr bhs indonesia skrg udh byk skali mngambil dr bhs asing…

  6. indra August 23, 2011 at 12:12 pm #

    selama ini saya juga cari kata ekspektasi di kabus besar, baru sy temukan di blog ini, makasih

  7. Rangga Saputra October 18, 2011 at 1:47 am #

    bahasa serapan asing inggris kedepan untuk arus informasi dunia maya diperlukan dan dalam persiapan globalisasi dengan serapan seperti ini cendrung tidak merubah susunan fonem maka berdampak dalam penguasaan vocabulary inggris untuk orang indonesia, baik-baik saja bagi saya tak ada ancaman dan kedepan ahli bahasa perlu merencanakan format-format translasi bahasanya.

    Terimakasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: